Senin, 09 September 2024

TUGAS INDIVIDU KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.3

 

  1. Bagaimana perasaan Anda setelah mempelajari modul ini?

Setelah mempelajari modul 3.3 pengelolaan program yang berdampak pada murid, saya merasa terinspirasi. Sebagai pendidik saya mesti mendorong murid agar mampu memimpin dirinya sendiri dalam belajar. Dorongan ini berwujud dalam karakteristik lingkungan yang mengkondisikan murid nyaman menyampaikan suara, pilihan dan kepemilikannya. Kemudian setelah itu merefleksikan pembelajarannya secara mandiri.

  1. Apa intisari yang Anda dapatkan dari modul ini?

Intisari modul ini ialah kepemimpinan murid dan kaitannya dengan profil pelajar pancasila, karakteristik lingkungan yang mendukung tumbuh kembang kepemimpinan murid, suara, pilihan dan kepemilikan dalam belajar dan pelibatan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.

Mengupayakan kepemimpinan murid merupakan wujud membangun karakter murid yang berprofil pelajar pancasila. Murid diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dalam mengelola pembelajarannya sendiri. Ketika kemampuan murid telah berkembang dalam mengelola pembelajaran maka murid menyadari bahwa mereka memiliki suara, pilihan dan kepemilikan. Dengan begitu, mereka sadar bahwa belajar itu tumbuh dari dalam diri sendiri dan bertanggung jawab terhadap arahnya.

Sebagai pendidik, saya perlu menyediakan lingkungan yang menghargai suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam belajar lalu merefleksikannya. Lingkungan yang dimaksud ialah lingkungan yang menyediakan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif, lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana, lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya, lingkungan yang melatih murid untuk menerima dan memahami kekuatan diri, sesama, serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnya, lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok, maupun golongan, lingkungan yang menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri dan lingkungan yang menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit di tengah kesempitan dan kesulitan.

 

  1. Apa  keterkaitan yang dapat Anda lihat antara modul ini dengan modul-modul sebelumnya?

Menurut saya, modul-modul sebelumnya merupakan landasan yang mendasari tegaknya program sekolah yang berdampak pada murid. Pertama, kaitan dengan filosofi KHD ialah dikatakan bahwa murid lahir dengan kodratnya sendiri, maka guru perlu menuntun tumbuhnya kekuatan-kekuatan yang baik agar hidup muridnya bahagia dalam masyarakat. Kedua, Kaitan dengan nilai dan peran guru penggerak yaitu mewujudkan kepemimpinan murid dengan meramu pengalaman belajar sedemikian rupa agar murid merasa kompeten dan memililiki kepercayaan diri untuk mencapai segala yang mereka impikan. Ketiga, kaitan dengan visi guru penggerak ialah adanya pola pikir inkuiri apresiatif atau manajemen BAGJA dalam mengelola program yang berdampak pada murid. Sehingga fokus programnya ialah pada aset atau kekuatan yang dimiliki oleh sekolah. Keempat, kaitan dengan budaya positif ialah lingkungan yang nyaman dan positif dapat mengoptimalkan potensi dan kepemimpinan murid. Sehingga anak hidup dan berkembang sesuai kodratnya dan menjadi bahagia. Kelima, kaitan dengan modul pembelajaran berdiferensiasi ialah penerapan strategi yang bervariasi dalam pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan murid. Guru memetakan kecenderungan, minat dan profil belajar murid hal ini selaras dengan penghargaan terhadap suara, pilihan dan kepemilikan murid yang beragam. Guru memfasilitasi keragaman itu melalui pengkondisian terhadap lingkungan yang menumbuhkan kepemimpinan murid. Keenam, kaitan dengan PSE yaitu penerapan PSE dalam pembelajaran mendorong murid untuk secara sadar menyatakan suara, pilihan dan kepemilikannya dalam belajar. Ketujuh, kaitan dengan coaching untuk supervisi akademik ialah penggunaan teknik coaching untuk menuntun murid menggali dan menemukan potensi yang dimilikinya. Selanjutnya potensi yang dimiliki itu dikembangkan untuk menjadi lebih baik lagi. Kedelapan, kaitan dengan pengambilan keputusan berdasarkan nilai kebajikan sebagai pemimpin ialah pentingnya pengambilan keputusan yang didasarkan pada nilai kebajikan universal dan berpihak pada murid. Setiap keputusan yang diambil pemimpin mesti mengacu pada nilai kebajikan universal dan memperhatikan kebutuhan murid. Terakhir, kaitan dengan pemimpin sebagai pengelola sumber daya ialah sebagai pengelola sumber daya pendidik harus memanfaatkan aset yang dimiliki sekolah yang terdiri dari aset manusia, sosial, finansial, fisik, lingkungan alam, agama dan budaya, serta politik untuk mendorong tumbuhkembangnya kepemimpinan murid.

 

  1. Setelah melihat keterkaitan antara modul ini dengan modul-modul lainnya jelaskanlah perspektif Anda tentang program yang berdampak positif pada murid. Bagaimana seharusnya program-program atau kegiatan sekolah harus direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi agar program-program tersebut dapat berdampak positif pada murid?

Program yang berdampak positif pada murid merupakan program yang mampu menumbuhkan kepemimpinan murid. Program tersebut didasarkan pada aset yang dimiliki oleh sekolah. Selanjutnya, digunakan manajemen BAGJA untuk mengelola perubahan menjadi lebih baik dan cermat. Program atau kegiatan sekolah yang berdampak positif pada murid harus memperhatikan suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasinya. Pelibatan komunitas lainnya yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid sangat diperlukan. Dengan begitu murid dapat belajar dengan nyaman dan menyenangkan karena sesuai dengan apa yang diimpikannya dan lingkungan di sekitarnya mendukung dan menguatkan. Harapannya murid menjadi seorang yang nyaman, merdeka dan bahagia dalam belajar.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir komentar

TUGAS INDIVIDU KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.3   Bagaimana perasaan Anda setelah mempelajari modul ini? Setelah mempelajari mod...